Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Pewarna Cat Rambut Halal Daftar Harga Perawatan Klinik Kecantikan Terbaru

AKIBAT TIDAK SARAPAN PAGI BAGI KESEHATAN Dampak Buruk Tidak Makan Pagi

AKIBAT TIDAK SARAPAN PAGI BAGI KESEHATAN Dampak Buruk Tidak Makan Pagi. Sarapan pagi merupakan kebiasaan yang baik untuk dilakukan, selain manfaatnya untuk kesehatan, juga untuk menjaga harmonisasi keluarga, tidak sedikit keluarga yang harmonis berawal dari kebiasaan makan pagi yang baik.

AKIBAT TIDAK SARAPAN PAGI BAGI KESEHATAN
Beberapa manfaat untuk kesehatan diantaranya : Meningkatkan konsentrasi, Mencegah sakit maag dan Membantu menurunkan berat badan. Manfaat tersebut tentu saja sangat diperlukan terutama orang yang beraktivitas padat/sibuk, Orang yang sedang dalam diet turun badan serta Orang yang mengalami gangguan lambung atau ingin mencegah sakit maag/lambung.

Namun, bagaimana dengan orang yang tidak membiasakan diri untuk sarapan pagi? Apakah akibat buruk bagi kesehatannya?

5 Akibat Melewatkan Sarapan Pagi

Bagi orang yang melewatkan sarapan pagi, umumnya berasalan karena kesibukan dan tidak memiliki waktu untuk sarapan pagi. Alasan tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan strategi makan dan pola tidur yang baik. Berikut akibat dari orang yang sering melewatkan sarapan paginya.

1. Mudah Lelah

Makan atau sarapan, pada hakekatnya adalah cara manusia untuk tetap mendapatkan asupan energi yang cukup guna memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan. Sehingga bagi orang yang melewatkan sarapan pagi, bahkan membiasakan untuk seperti itu, akan mengakibatkan mereka untuk mudah lelah, selain lelah secara fisik, juga mudah lelah secara fikiran dan sulit konsentrasi, sehingga hasil kerja dan belajarnya pun akan menurun.

2. Cenderung makan lebih banyak

Pada saat orang melewatkan sarapan pagi, sebenarnya dia membiarkan perut dalam keadaan kosong lebih lama (dari waktu tidur malam sampai siang), sehingga pada saat makan siang atau menjelang siang, umumnya kebutuhannya menjadi banyak atau seolah-olah "Balas dendam" dengan makan sebanyak-banyaknya, baik makan camilan maupun makan siang. Apabila hal tersebut dibiasakan maka kecenderungan untuk makan menjadi lebih banyak, akibatnya simpanan lemak menjadi berlebihan, sangat tidak baik untuk program diet turun badan.

3. Mengganggu keseimbangan hormon

Hormon pada manusia memiliki irama yang hampir tetap setiap harinya, baik pengeluaran maupun penyerapan cenderung sama setiap harinya, sehingga kebiasaan yang tidak baik akan mempengaruhi kerja hormon pula. Gangguan hormon yang sering terjadi pada orang yang biasa meninggalkan sarapan pagi diantaranya gangguan kestabilan gula darah (Hormon insulin), sehingga sarapan pagi sangat disarankan untuk penderita gula, meskipun dengan beberapa pembatasan konsumsi/diet.

4. Menyebabkan mood menjadi jelek

Orang yang tidak biasa sarapan pagi cenderung memiliki mood yang jelek atau tidak stabil. Tubuh adalah satu kesatuan antara fisik dengan pikiran, jasmani dan rohani. Apabila terjadi gangguan fisik, tentu saja akan mempengaruhi pikiran atau mood. Kebiasaan sarapan pagi umumnya mempengaruhi mood, sehingga bagi mereka yang biasa sarapan pagi umumnya moodnya baik, begitu sebaliknya.

5. Sakit maag

Pasien yang dapat dengan keluhan nyeri ulu hati atau riwayat sakit maag, sebagian besar memiliki kebiasaan buruk dengan sarapan pagi. Mereka cenderung melupakan atau melewatkan sarapan pagi tersebut, dengan alasan yang beraneka ragam. Hal tersebut sangat berkaitan karena sakit maag atau gastritis salah satunya disebabkan peningkatan asam lambung yang berlebihan, sedangkan tidak ada supply makanan yang masuk. Bagi anda yang tidak ingin terkena sakit maag, segera rubah kebiasaan melewatkan sarapan pagi.

Demikian 5 akibat melewatkan sarapan pagi sehingga kita dapat menghindarinya. Sarapan pagi memang berat untuk dilaksanakan oleh sebagian orang, namun tidak berarti harus dilewatkan, strategi untuk mengatasinya banyak diantaranya : Membiasakan bangun pagi, Menyiapkan sarapan yang cepat untuk dibuat pada malam hari sebelum tidur, Mengatur jadwal membuat sarapan pagi atau kalau perlu Membawa bekal sarapan pagi.
0 Komentar untuk "AKIBAT TIDAK SARAPAN PAGI BAGI KESEHATAN Dampak Buruk Tidak Makan Pagi"

Back To Top